Thailand Trip Day 3&4: Bangkok - Phuket

"The real voyage of discovery consists not in seeking new landscape but in having new eyes" -Marcel Proust
January 16, 2013
Bosen sarapan nasi instan gue dan shata nyobain makan di tenda depan hostel yang jual semacam nasi rames rekomendasi rerek dan pebra. Gue beli nasi, telur rebus, telur cuka dan sayur seharga 25 Baht. Sumpah telur cukanya enak banget tapi gue nggak suka sama nasinya yang terlalu aneh menurut gue, masih enakan nasi 7eleven deh.
The Platinum Fashion Mall
inilah yang gue tunggu-tunggu dan yang menjadi tema mural di dinding kamar hostel kita, the famous Platinum Fashion Mall. Dari Lub D hostel kita berempat naik taksi ke platinum. Sebelum ke platinum gue sempet tarik tunai di ATM warna biru muda deket hostel yang ada logo cirrus atau maestro pake atm bca dan ajaib keluarnya Baht! haha tapi setiap transaksi dikenakan biaya THB 150 ya lumayanlah daripada gue nggak bisa meneruskan hidup gue di thailand. Oya, jadi di ATM Thailand itungan kursnya murah terus di setiap mesin terdapat pecahan 1000, 500, dan 100 dalam satu mesin ATM jadi jangan tanggung-tanggung deh ngambilnya, jangan kayak gue padahal ada sisa 300Baht lagi kan lumayan bisa beli baju di platinum :(
 Platinum mirip mall ambasador, nggak terlalu gede tapi ter-oganized terbagi jadi 3 zona. Zona 1 dan 2 kebanyakan untuk baju wanita. zona 3 khusus sepatu dan tas. mungkin koreanwave juga menjamur di Thailand karena mostly yang dijual baju-baju chiffon a la korean girl yang biasa dijual di online shop. Emang banyak banget orang Indonesia yang belanja disitu yang biasanya pedagang dari mangga dua atau pemilik online shop. Sayangnya gue datang dengan budget dikit jadinya gue cuma ngeliat yang sale dan super extra hemat karena kehidupan gue masih ada 3 hari lagi di Phuket jadinya gue cuma dapet baju dan anting (iya, lagi). yang nyebelin adalah ketika ke zona sepatu dan tas gue udah nggak mampu beli padahal masih itungan murah loh. tas tas yang nggak bermerk bisa bagus-bagus banget duh mau nangis deh kalo inget inget itu :( ahirnya gue hanya bisa pasrah dan berharap bisa kembali secepatnya dan bikin online shop -__-. Balik dari Platinum gue sama shata nanya dulu di information center dan dikasih tulisan buat dikash ke kondekturnya bis ke MBK. nyampe hostel udah ditunggu  rerek dan pebra yang udah siap berangkat ke Phuket. setelah check out, nggak lupa kita foto sama host-host Lub D yang kece, abis itu cari taksi yang pake argo.

Sai Tai Taling Chan
Perjalanan dari hostel ke sai tai taling chan lumayan jauh, tapi ternyata hanya menghabiskan THB 150 aja loh! jadi ternyata kalau di Bangkok bener-bener mending naik taksi berargo aja daripada tuktuk. Nyampe terminal yang menyerupai mall macem detos yang di lantai atasnya banyak konter-konter yang menjual tiket bis ke phuket. penawaran pertama kita dapet THB 680 karena keuangan gue yang mepet (maafin gue), shata dan pebra mesti muterin lagi setiap konter siapa tau ada yang lebih murah dan bener aja kita dapet tiket seharga 529 Baht aja dengan kelas yang sama first class yang berangkat jam 19.30 malam. lucunya ditengah-tengah nunggu keberangkatan, jam 6 teng semua orang tiba-tiba berdiri ketika lagu kebangsaan Thailand dikumandangkan, lagunya abis ya semua pada duduk lagi. Sebelum berangkat kita mampir ke 7eleven buat beli nasi instan buat dimakan di bis abis itu baru jalan ke platform tempat bisnya parkir. Bisnya bis bagus gitu bertingkat, ada toilet didalem dan dikasih selimut. Setelah kenyang dan ngegosip semaleman tidur lah kita dan gue terbangun jam 12 malem karena berhenti di tempat rest area gitu gue turun buat ke toilet. toiletnya sih ada air tapi kotor banget, jadi tissue basah is a must!
Expenses of the day:
January  17, 2013
Bus Tingkat Bangkok - Phuket
Terminal 2 - Terminal 1 Phuket
12 jam pas perjalanan dari Bangkok ke Phuket untungnya malam hari jadi sekalian menghemat biaya menginap. jam 07.30 pagi kita udah nyampe di Terminal 2 Phuket. Setelah muter-muter cari info gimana caranya ke patong, actually gue cuma duduk jaga barang sih, cuma ada satu cara menuju patong yaitu naik taksi (yang ternyata mobil pribadi) dengan biaya THB 150/orang dan itu mahal banget. alternatif lain pake motor taxi aka ojek tapi harganya nggak beda juga. Akhirnya kita naik sejenis angkot tujuan phuket town/ phuket city hall gitu warna pink dengan harga THB 10/orang, karena ngeliat banyak orang naik angkot itu dengan asumsi kalo udah sampe kota pasti ada bis yang ke patong. Di dalam angkot kita coba tanya orang lokal yang penampilannya sih kayak mau nyulik orang lengkap dengan jaket item dan pas kita tanya ternyata dia juga mau ke patong karena rumahnya deket sama tempat kita nginep.
Bus Phuket - Patong
Nyampe Terminal 1 Phuket baru ada bus yang bertulisakan Phuket - Patong, naiklah kita dan lumayan nunggu lama sama ngobrol sama si orang thai tadi. Perjalanan phuket patong ternyata nggak begitu dekat. sekitar satu jam  kita nyampe dan si orang thai tadi turun duluan. Setelah tanya si sopir dan kondektur kita turun di depan mall jungceylon dan harus ngelewatin Bang La Road. did i mention bang la road? yak that famous red district in patong. karena masih pagi masih sepi dan banyak yang beres-beres di sekitar bar.

Patong Backpacker Hostel
akhirnya sampailah kita di d hostel yang kita booked melalui hostelworld yang ternyata terletak di atas ruko dan harus masuk ke lorong diantara toko-toko gitu. ya maklum aja abis dua hari tidur di the coolest hostel sucha Lub D tiba-tiba dihadapkan hostel yang kayak gitu. namanya juga backpacker hostel mau minta apa lagi? nyampe sana ternyata belom bisa check in jadinya kita ganti baju dan cari sarapan dan lagi lagi pilihan tersedia hanyalah....... nasi instan EzyGo 7 eleven di Bang La Mall. Setelah beres check in dan mandi, kita cari one day tour buat besoknya ke phi phi island di seberang pantai patong. dia nawarin tour phi phi THB 1500 dan berhasil kita tawar menjadi THB 800 saja!
Jungceylon Mall (Baca: Jang-Si-Lon~)
Setelah bayar tour phi phi, kita jalan cari makan lagi ke Jungceylon mall ke food court nya yang banyak banget menyediakan muslim food. makanannya cukup mahal sekitar THB 150 per porsi tapi porsinya emang porsi kuli banget sesuai sama harganya. Sebelumnya, gue sempet tuker rupiah beberapa money changer di Bang La Road menerima rupiah loh! waktu itu nilai tukernya THB 1 = 0,0029 agak miris sih tapi masih lebih murah dibandingkan gue tuker di Indonesia, gue tuker cuma dapet THB 729. langsung deh  berasa orang kaya banget punya uang segitu.
Karena gue pengen beli nestea milk tea mampirlah kita ke BigC Supermarket yang ternyata harganya cuma beda 2 baht lebih murah dibanding di Bangkok. nah, pas udah mau bayar tiba-tiba gue ngeliat snack durian tanpa gue tau harganya gue ambil aja dan ternyata harganya 215 baht sodara sodara yang sukses membuat duit tukeran gue abis seketika bahkan kurang! untungnya ada rerek yang minjemin gue duit :')). Sebenernya agak nyesel beli ini karena harganya mahal, bok 200 baht gitu, tapi rasanya emang enak banget sih duren asli dikeringin! lumayan menghibur hati yang nggak sempet makan duren di Thailand.
Banzaan Market
Malemnya, berbekal info dari orang hostel, kita cari makan ke Banzaan market yang ternyata ada di belakang Jungceylon Mall. Pertama kali liat Banzaan market berasa liat surga! banyak penjual makanan berjejer. you name it deh gue sampe bingung mau beli apa. rata-rata udah mulai banyak penjual makanan halal bahkan beberapa penjualnya menggunakan jilbab. Tentunya gue tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk coba makanan Thai, karena gue selama di Thailand belom makan Tom Yum maka gue ke stand Tom Yum dan asal nunjuk dan ternyata gue bukan beli Tom Yum tetapi Kao Cluk Ka Pi. Isinya buncis mentah, mangga muda, telur dadar dan dibawahnya ada nasi yang mirip nasi kebuli, barulah gue tau ternyata Kao Cluk Ka Pi adalah rice with shrimp paste, tapi enak kok ternyata apalagi mangga muda nya enak banget. Gue juga sempet beli coconut ice cream dengan topping sepuasnya sumpah deh enak banget. selain itu, gue beli juga beberapa sushi tapi nggak begitu enak sih.
Kao Cluk Ka Pi
Coconut Ice Cream
karena nggak ada tempat duduk buat makan jadilah kita ngemper di depan pasar. udah kenyang kita balik ke hostel dan tidur lebih cepet karena besok harus berangkat pagi banget karena dijemput tepat jam 7 pagi.