Singapore Day 2: USS and Overland to Penang

There is a peculiar pleasure in riding out into the unknown. a pleasure which no second journey on the same trail ever affords -Edith Durham
Jam 6 pagi gue jalan ke MRT Station menuju Resort World Sentosa karena gue mau ke Universal Studios Sngapore (USS). Dari Changi ada dua jalur untuk ke RWS, gue salah mengira jadinya gue ambil jalur Circle line (Kuning). Dari Changi transit di Tanah Merah - naik yang ke arah Joo Koon - Turun di Paya Lebar, naik yang ke arah Harbour Front. Karena Stasiun transit jadinya udah banyak orang dan MRT nya penuh banget sama orang-orang kerja dan anak sekolahan. Gue pun setengah sadar, mungkin gara-gara nggak tidur semaleman gue bahkan bisa tidur sambil berdiri! akhirnya nyampe Harbour Front Station yang ada di dalem Vivo City. Karena masih pagi banget jadi menyusuri mall tapi belom pada buka. Gue jalan ke lobby (iya dengan masih membawa 2 box sepatu) nunggu bis di sana.

Ada 3 cara untuk masuk ke RWS yaitu naik monorail (S$ 3), naik bis (S$ 2), dan jalan kaki (S$1) yang sekaligus bayar tiket masuk ke RWS. Karena nggak ada bis yang berenti dan umumnya itu adalah shuttle hotel jadinya gue memutuskan untuk jalan aja melalui boardwalk. Bukan gue nggak tau kalo jaraknya ada kali setengah kilometer. Masih nggak ngerti kenapa gue memutuskan untuk jalan padahal cuma beda satu dolar! Untungnya ada 4 travelator itupun cuma 100m sekali jalan jadi sisanya tetep jalan kaki tapi lumayan membantu sih. Sampe di depan counter RWS ternyata belom buka aja loh! Akhirnya gue jalan terus dan tiba-tiba udah nyampe aja di dalem RWS! terus baru sadar tadi ngelewatin gate tempat masukin koin 1 dolar terus gue bisa masuk tanpa masukin koin hahaha jadi itungannya gue gratis gitu deh. Gue ganti baju dulu baru ke USS nya.
Seseneng itu ngeliat globe bertuliskan Universal akhirnya nyampe juga!! karena belom dibuka gue foto-foto sendiri pake tongsis gabisa minta tolong orang garagara belom ada orang juga yang bisa dimintain tolong -__-. Terus gue berencana untuk nitipin barang bawaan gue yang ternyata bayar! gue kira akan gratis gitu kayak di IKEA. nggak mungkin dong gue main sambil bawa-bawa barang. Locker di USS ada 2 ukuran yang kecil sama besar gitu sedangkan gue bawa 2 box sepatu besar yang akan gak muat kalo ditaro yang di loker kecil. fyi, aja tarif lockernya berbeda sesuai lamanya dan ukurannya. Yang kecil satu jamnya 2 dolar, 2 jam 4 dolar, 3 jam 8 dolar, dan seharian 10 dolar sedangkan yang loker gede harganya dua kali lipatnya. Terus mulai deh drama, gue nggak rela untuk nitipin barang beberapa jam seharga 20 dolar yang sama aja harganya sama satu malam di hostel. Mulai kebayang kalo dengan 20 dolar gue malam itu  bisa tidur nyenyak dan nggak usah tidur di airport plus bisa nitipin barang di hostel sebelum gue ke USS, yakan? Mulai kan gue mikir gimana caranya gue bisa masuk tanpa rempong bawa barang.

Opsi pertama gue taro aja barang gue di deket loker dengan harapan nggak ada yang ngambil tapi mengingat itu isinya sepatu jutaan rupiah, nggak jadi. opsi kedua nunggu orang untuk jb loker sewa yang besar terus bayar berdua, tapi nggak ada orang lewat. Akhirnya gue nyerah dan meyakinkan diri buat sewa loker yang kecil seharian seharga 10dolar aja gimanapun caranya semua barang bisa masuk. Udah yakin akhirnya gue sewa dan memasukan 10 dolar dengan nggak rela terus mulai bongkar barang biar semua barang bisa masuk. baru kebuka nggak sengaja pintu lokernya ketutup lagi, stress dong gue ngeliat 10 dolar melayang dan barang-barang gue masih di luar terus gue nyari-nyari nggak ada petugas :( jadi sistem lokernya itu otomotis gitu nggak pake gembok tapi pake password tanggal lahir dan warna kesukaan. gue mikirnya sekali di buka lagi hangus loker gue, ternyata karena gue pilih yang seharian jadi ada pilihan untuk buka sebentar ambil barang. setelah maksain gimana semua barang masuk, gue pun bisa tenang ke USS. fiuhhhh~
Begitu dibuka gerbangnya, semua orang pada lari. gue yang nggak tau ada apa, kenapa dan mereka pada ngincer apa pun ikutan lari juga. Nggak taunya orang-orang pada ke Transformers Ride dan karena gue sendirian bisa langsung dapet tempat pertama, yeay! Abis itu lanjut ke Revenge of the mummy dan baru deh kelilingin USS dan nyobain semua wahana satu per satu sesuai peta.
Ternyata nggak butuh waktu lama kok naikin semua wahana. paling 2 sampai 3 jam kelar. Jadi sebenernya gabutuh-butuh amat nyewa loker seharian kok. Di deket Revenge of the mummy ternyata ada penyewaan loker gratis tapi cuma satu jam selanjutnya bayar jadi bisa diakalin lah tiap satu jam pindahin barang dari loker satu ke loker yang lain haha. Sayang juga udah nyewa loker seharian gue pun keliling lagi sambil foto-foto pake tongsis gue di setiap area. Kendalanya adalah setiap gue moto pake tongsis semua orang yang lewat hampir berhenti ngeliatin gue, kan jadi awkward.. Abis puas foto-foto gue pun makan siang pake voucher USS senilai S$ 10 di Gloria's Snack Shack. Gue pilih kids meal yang isinya french fries, fish bite sama kids size lemon tea. Lucunya adalah setiap beli kids meal dapet meal box lucu bergambar woody yang bisa dibawa pulang. Lumayan deh makan gratis sekalian dapet souvenir. Jam 4 gue pun keluar karena harus ngejar bis ke Johor Bahru. Gue pun keliling RWS mampir ke Hershey's shop, Garrett, dan Candylicious. gapeduli gapunya duit gue masih impulsif belanja coklat dan beli the famous popcorn in town, Garrett's Mix Chicago.
Nggak pengen mengulangi kesalahan yang sama, gue memutuskan untuk naik bis aja untuk menuju vivo city. Nanya kanan kiri akhirnya naik lah gue dan bisnya ternyata gratis, yeay! Nggak sempet tengok kanan kiri  di Vivo City gue langsung naik MRT ke Bugis tentunya lewat jalur yang berbeda yaitu East West Line (Hijau). Jadi Dari MRT Harbour Front transit di Outram park dan naik MRT yang ke arah Pasir Ris/Changi. Nggak ada 15 menit udah nyampe MRT Station Bugis. Nyampe Bugis agak kagok gatau harus kemana padahal pernah kesini juga. Gue pengen ke Smiggle buat nyari ipod case dan nggak taunya udah nggak jual huhu. Nanya ke mbaknya dia nyaranin untuk ke Vivo City, duh yakali padahal gue abis dari Vivo City -_- Gue pun sempet mampir ke Rubi dan beli sepatu lagi, emang agak gatau diri sih. Abis itu gue nuker uang sisa ke Ringgit tapi nggak tau kenapa jadi mahal banget, jadinya nggak jadi.

Nggak sadar udah hampir jam 7 yang gue kira masih jam 5 sore karena masih terang banget. Gue buru-buru ke Queenstreet Terminal jalan kaki bermodalkan peta. Ya emang dasar gue gabisa baca peta jadi nyasar muterin bugis kompleks dan dari kejauhan terlihat barisan antrian yang muterin terminal. Gue pun nanya gimana caranya naik Causeway Link dan ternyata gue harus mengikuti antrian itu. Di terminal itu ada 2 bis yang ke Johor Bahru, Causeway Link (kuning) dan SBS Transit (merah). Gue naik Causeway Link seharga SGD 2.50 dan kemudian dapet tiket kecil. Untungnya dapet tempat duduk di sebelah ibu-ibu kantoran yang seorang warga negara malaysia tapi kerja di Singapore. Dia cerita tiap pagi dan sore gini rame banget karena emang banyak pekerja malaysia yang kerja di Singapore. Sempet tidur juga akhirnya nyampe di Imigrasi Singapore Woodland dimana semua penumpang harus turun. Ngelewatin imigrasinya agak deg-degan tapi ternyata nggak lama lewat juga dan ngantri naik bis Causeway Link lagi. Nyampe di Imigrasi malaysia sengaja gue nyari petugas imigrasi cewek yang terlihat baik. Eh ternyata berujung rentetan pertanyaan mau kemana, tinggal dimana, ngapain, bahkan disuruh nunjukin kalo gue punya tiket pulang. Turun dari imigrasi, gue nggak melihat ada antrian Causeway Link lagi. Ternyata banyak orang yang naik bis tadi cuma sampe imigrasi aja selanjutnya bisa pergi sendiri atau dijemput. Gue harus menunggu bis yang benar-benar ke Terminal Larkin, Johor Baru. Hampir satu setengah jam gue nunggu dan akhirnya datang juga bisnya. Jam 9 malam baru deh nyampe ke Terminal. Gue pun mencari money changer dulu sebelum nyari tiket. Jangan tanya deh, Terminal di malam hari sama aja kayak di Indonesia. Kerasa beda banget yang tadinya dari Singapore yang serba bersih dan canggih terus kembali kayak di Indonesia. Banyak calo yang menawarkan tiket dan kondisi yang creepy banget. Gue pun mendatangi loket-loket yang menjual tiket bis ke Penang. Akhirnya gue dapet tiket bis ke Penang yaitu bus Qistna yang jalan jam 10 malam seharga 65 ringgit. Nunggu hampir satu setengah jam bisnya baru dateng jam 10.30 dan nggak lama bis berangkat. Bisnya hampir sama (walaupun nggak tingkat) dengan bis yang gue naiki waktu ke Phuket. Kursinya bisa dimundurin sampe kita bisa tidur lurus. Gue pun tidur dengan nyenyak dan berharap bangun-bangun udah nyampe Penang.