Singapore: The Plan and The Journey (Day 1)

Anything we fully do is an alone journey -Natalie Glodberg
Penantian selama setahun itu akhirnya datang juga!
Setelah gagal ke Padang dan Makassar awal tahun ini, akhirnya gue bisa liburan juga! Nggak jadi ke Padang garagara udah punya tiket berangkat tapi gapunya tiket pulang dan waktu itu sekali jalan 700ribu jadi gue urungkan niat merelakan tiket pergi gue hangus begitu aja. Gagal ke Makassar garagara H-2 keberangkatan maskapai nya bangkrut dan tutup....

Jadi awal mulanya adalah waktu setahun kemarin abis pulang dari Thailand, gue dan shata mencari destinasi berikutnya. pas banget waktu itu ada promo air asia ke Penang Rp. 109.000. nyari-nyari tanggal akhirnya sotoy pilih tanggal 21 Februari 2014 terus karena gue kelamaan akhirnya tiketnya cuma sisa satu jadinya yang beli cuma shata aja. Berbulan-bulan kemudian Air Asia ulangtahun dan promo lagi tapi yang ke Penang cukup mahal 299.000 sekali jalan, tapi ada tiket murah ke Singapore cuma 55.555 dan dapet tanggal 19 Februari. Kebetulan juga ada tiket promo Penang-KL jadilah gue beli sekalian pulangnya dan dapet murah. Impulsif lah gue untuk membeli tiket, masalah gue nyampe penang atau nggak urusan nanti.

Lalu gue mulai nyari gimana caranya dari singapore ke penang terus cari segala itinerary selama disana. Liburan ini gue sama Shata juga pengen nyobain Couchsurfing.org situs buat traveler yang bisa nginep sama orang lokal, gratis! 2 bulan terakhir Shata mulai nyari host di CS dan alhamdulillah dapet host cewek tapi gue tetep cari back up hostel kalo kalo cancel.

Nggak taunya, semester 6 ini gue mulai masuk tanggal 10 Februari 2014. jadilah gue harus bolos kuliah seminggu walaupun belum apa-apa udah banyak tugas dan ditambah tanggal kepergian gue bertepatan sama Maker RTC yang mana gue harus sertijab. makin bingung kan gue tapi ya gimana tiket udah ditangan masa harus batal lagi liburan gue. Agak deg-degan juga karena ini pertama kalinya gue pergi sendirian tanpa ada yang nemenin.
Basic Expense:
Tiket AirAsia (CGK-SG)  Rp. 55.555
Tiket AirAsia (PNG-KL) Rp. 88.000 (MYR 37)
Tiket AirAsia (KL-CGK) Rp. 241.000 (MYR 105)
Tiket USS Rp. 550.000
Airport Tax Rp. 150.000
Total Rp. 1.084.000
Akhirnya tanggal 19 Februari itu tiba juga. Dari mulai packing, itinerary sampe nuker duit alhamdulillah lancar.  Gue pergi selama seminggu bawa USD 50, SGD 50 dan MYR 50. sempet stress juga garagara SGD lagi mahal banget gue dapet di 9.400. Dari jam 6 gue berangkat naik damri padahal flight gue jam 11 siang. Mayan nunggu lama sih dari yang excited sampe bosen garagara gue pergi sendirian. Ya liburan ini gue akan pergi sendirian selama di Singapore dan baru ketemu Shata di Penang. Capek nunggu kali ya jadinya selama penerbangan gue tidur sebelum take off dan kebangun waktu udah landing.
Nyampe Changi gue leyeh leyeh keliling airport bentar wifi-an terus abis itu mampir ke Sunflower Gardennya. Emang paling suka Changi deh semua lengkap! Abis keliling airport gue keimigrasi dan mulai menjelajah Singapore. Rencana awalnya adalah hari pertama gue akan ke IKEA Tampines, Bugis Junction, Marina Bay, dan terakhir ke Orchard dan langsung berubah jadi ke Queensway Shopping Center karena harus beli sepatu. Gue pun nyari direction ke tempat-tempat yang gue tuju melalui gothere.sg yang super canggih dan informatif! kemananpun lo akan pergi dikasih tau mesti naik apa aja berikut estimasi waktu dan biaya. duh untung banget sih nemu web ini :")

Gue emang pernah ke Singapore setahun yang lalu tapi itu cuma mampir ke Bugis doang dan gue cuma ngikut temen-temen gue. Mau naik MRT aja bingung banget buat beli tiket untung ada ibu-ibu yang nolongin buat nukerin uang gue. Baru deh gue ngeh gimana cara beli tiket di mesin MRT. Nyampe lah gue di Redhill Station dan untuk mecah duit buat naik bis gue beli keripik kentang di 7eleven seharga 1.5 dolar karena katanya kalo naik bis di Singapore gapake kembalian.  sempet kagok juga naik bis karena gue nggak pake ez link sedangakan orang-orang dengan gampanganya tap sana sini. gue sebutin halte tujuan gue dan gue masukin koin ke box disamping supirnya. Dan ternyata, luckily, IKEA cuma beda satu halte sama Queensway! Seneng banget jadinya gue gaperlu ke Tampines. Gue emang niat untuk ke IKEA apapun yang terjadi karena gue emang penasaran banget. Gue turun di Halte yang pas banget seberang Queensway SC dan mulai nyari tokonya. mungkin kayak ITC gitu kali ya tapi begitu masuk kayak liat surga! apalagi buat lo yang pecinta sneaker atau running shoes. Nike terbaru, New Balance, Vans, Adidas, yah you name it lah semua ada! Ketemu juga toko sepatu Limited Edition nya dan gue pun ambil atm dulu karena nggak cukup duitnya buat beli sepatu Vans pesenan orang. Abis beli seneng banget sih rasanya terus kemudian gue sadar kalo gue nggak pake bagasi nanti pulang dan gue harus menenteng dua tas besar berisi dua box sepatu selama seminggu kedepan...

Abis itu jalan lah gue ke IKEA. untungnya disana ada penitipan barang jadi gue nggak perlu angkut angkut dua tas itu. dua jam gue muter-muter dan gue bisa melihat rumah masa depan gue ada di IKEA haha. di jalan gue ngeliat ada bis yang ke Orchard dan dengan sotoynya gue pun naik aja tanpa tau berapa halte lagi untuk nyampe ke Orchard. Mana bisnya nggak ada pemberitahuan atau peta gitu terus gabisa nanya kanan kiri garagara semua orang pake headset akhirnya gue melihat secercah harapan ada lucky plaza dan gue pun langsung turun. Mampir ke ChocSpot nggak nemu hersheys terus beli kue 2box 9 dolar. gue kira murah aja gitu kan terus setelah dipikir pikir ternyata harganya mahal dong ya berarti satu box 45ribu! terus nyesel sendiri...

Jalan lagi menyusuri Orchard, tadinya mau ke *scape sama The editor's market tapi ternyata jauh jadinya cuma ke Ion+ karena deket sama MRT Station. Gue pun cuma ke H&M, Cotton On, Rubi dan Typo terus lagi nggak sale jadi semuanya mahal ditambah keinget kalo SGD mahal cukup bikin sakit hati sih. Gue akhirnya cuma beli sepatu baju di H&M dan beli notebooks di Typo. Untungnya di Rubi nggak ada sepatu yang gue pengen jadi aman :). capek muter-muter udah jam 9 aja (di ipod) dan baru sadar waktu di Singapore lebih cepet satu jam terus lari-lari ke MRT takut udah tutup ternyata masih buka hehe. Naik MRT lah gue balik ke Airport.
Jadi gini guys, gue kan udah nyari-nyari hostel dan mahal semua rata-rata paling murah S$20. Ada hostel yang gue incer yaitu The Shophouse Hostel di Arab Street tapi karena kelamaan akhirnya fullbooked dan gue gadapet hostel :( jadi gue memutuskan untuk nginep di Airport aja kan mayan hemat 20 dolar gitu bisa dipake belanja yang lain. Nyampe Airport gue survey dulu dimana restoran yang 24 jam dan gue bisa tidur. Keliling dari terminal 2 ke terminal 3 terus ke terminal 1 dan balik lagi ke terminal 2 karena yang paling pewe ya disana. iya literally gue bolak balik untung sky train nya enak. pilihannya ada 2 yaitu Burger King atau Heavenly Wang. Di Burger King gue nggak kebagian sofa jadinya gue ke Heavenly wang terus pesen Laksa yang cukup murah harganya 4.5 dolar. Nggak enaknya nggak ada sofa dan nggak bisa buat tidur. Jadilah gue makan terus menghabiskan waktu bikin video. Jam 2 pagi gue akhirnya pergi dan duduk duduk di kursi sebelum check-in gate. Gue pun mencoba tidur tapi nggak bisa garagara insecure takut diusir. Gue pun bolak balik toilet sambil nunggu jam 6 pagi waktu MRT nya dibuka.