Penang Day 1

put down the map and get wonderfully lost
Tengah malem gue tiba-tiba dibangunin terus orang-orang heboh pada ngangkut barang keluar bis
"move to the bus" gue yang masih setengah sadar bingung kan ya gue ikutan ambil barang dan pindah ke bus di depan. Bis nya masih sama sih tapi ntah kenapa kursinya agak nggak enak, walaupun bisa dilurusin tapi nggak bisa ketahan gitu jadi harus ditahan sama badan gue. Udah capek banget gue pun melanjutkan tidur lagi sambil nahan kursi agar tetep bisa tiduran lurus.

Bangun-bangun tiba-tiba udah terhampar kanan kiri lautan wahhh gue sedang melewati The Penang Bridge! Semacam jembatan yang menghubungkan daratan Penang dengan Pulau Pinang, ya kalo lo mau bayangin sama kayak jembatan suramadu gitu deh. Jam 7 pagi tepat udah nyampe Terminal Sungai Nibong. Hal pertama yang gue cari adalah toilet dan untungnya ada air jadi bisa cuci muka dan ganti baju. gue melihat sekeliling dan nyari-nyari bis buat ke georgetown. Setelah nyari di Internet gue mencatat bahwa banyak bis dari Terminal Sungai Nibong ke George Town antara lain Rapid 301, 302, 303, dan 401. Dengan sotoy gue naik bis dan nanya ke georgetown dan si supir pun mengangguk terus gue bayar 2 ringgit. Bis rapid penang bagus dan bersih hampir mirip bis di Singapore. Cara bayarnya masih menggunakan uang tunai dan kalau bayar lebih nggak dapet kembalian jadi siapin uang pas ya. kalau mau turun tinggal pencet tombol yang ada di sekitar pegangan bis. Ongkosnya berkisar 1,4 ringgit hingga 3,4 ringgit tergantung jarak.

Karena gue nggak punya peta jadi sama sekali buta dan nggak tau georgetown itu dimana dan kayak apa. Gue pun turun setelah melihat china town gitu dan ada mall besar tapi belom pada buka. gue pun jalan keliling nyari sarapan tapi nggak yakin akan kehalalannya jadi gue balik lagi ke tempat gue turun bis dan nemu sebuah tempat makan Citarasa kayak warteg tapi sistemnya self-service gitu jadi ngambil nasi dan lauk sendiri. Dari namanya yang familiar ternyata mereka juga jual makanan indonesia kayak sate, soto ayam, rawon bahkan soto mie. Gue ngambil nasi dan lauk sama sayuran it cost me just for 4 Ringgit aja. gue pun lama-lamain disana karena nggak tau juga mau kemana. Tadinya gue mau keliling duluan di goergetown baru ke airport jemput Shata. Tapi karena nggak tau harus kemana gue cuma menyusuri jalan yang ada dan sampailah gue di sebuah terminal gitu dan gue nyari yang ke arah airport. Terminalnya indoor gitu dan ada jadwal yang update banget. Gue naik 401E dan bilang ke supirnya mau ke airport. gue yakin nggak naik bis yang salah karena sebagian besar penumpangnya bawa-bawa koper besar. karena penuh gue nggak dapet tempat duduk, jadi berdiri nempel tiang peyangga. mungkin masih capek gue bahkan bisa tidur sambil berdiri! mungkin 45 menit sampailah gue di Penang International Airport jam 12an. iya, gue menunggue kedatangan Shata dan nanti bakal dijemput sama Host Couchsurfing gue di Penang.
Sayang banget sama airport Penang! bersih, nggak begitu besar dan (akhirnya) ada free wifi! terus mereka ngasih peta Penang lengkap banget dari rute Rapid sampe tempat wisatanya. begitu nyalain wifi langsung pada masuk deh notification orang-orang pada nyariin gue ilang 3 hari. bahkan Shata sampe panik takut gue kenapa-kenapa. Segala jenis kegiatan gue lakuin kali disana dari tidur, make kuteks, makan, update semua social media, sampe keliling airport. Udah nggak tau lagi mau ngapain eh flight nya shata pun delayed makin lama nunggunya deh. Begitu lihat nomor penerbangan di layar gue pun siap sedia di pintu kedatangan, tapi sampe sejam nggak muncul-muncul nih orang! udah panik nggak taunya emang dia belom keluar aja karena imigrasinya lagi rame banget.
Udah kayak ketemu sodara yang udah bertahun nggak ketemu begitu liat batang hidungnya shata! Tiga hari di antah berantah sendirian akhirnya ketemu orang yang dikenal seseneng itu. Abis itu kita ketempat yang dijanjikan sama host kita dan ternyata dia udah nunggu hampir sejam-an dan masih welcome banget sama kita. Sebelum pulang kita dibawa makan ke Sany Char Koay Teow deket Snake Temple. Sumpah ini enak banget! kayak kwetiauw di Jakarta gitu tapi versi lebih enak lagi. Host gue menjelaskan kalo rata-rata Char koay teow yang enak di Malaysia itu pake minyak babi, tapi Char koay teow ini walaupun nggak pake tapi rasanya paling mirip sama kalo pake minyak babi. agak nyesel cuma pesen yang porsi small karena takut nggak habis, gue sampe pengen nambah lagi. Waktu pesen minum, host gue ngejelasin dulu bedanya mau pesen TI (tea ice) atau T'O (tea kosong). terus gue juga pesen TI yang udah pasti teh pake susu khas malaysia, kalau mau beli teh nggak pake susu bilangnya T'O dan pasti ada lime nya. Abis itu kita pulang ke kondominium-nya di daerah Batu Uban, Bayan Lepas. Gue seneng banget! Dari balkon kondo-nya kita bisa ngeliat view penang di malam hari karena berada di lantai 20-an, bahkan bisa ngeliat second penang bridge yang masih dibuka bulan depannya. Setelah bersih-bersih karena nggak mandi 3 hari gue pun tidur di sleeping bag daan shata tidur di couch, yah namanya juga lagi couchsurfing, yekan.